Mudik Ke Kampung Halaman Pakai Mobil Agya

agyamalang - Cerita mudik pakai agya menyenangkan bersama keluarga, pengalaman perjalanan jauh menggunakan agya dan pengalaman pakai mobil agya juga komentar mobil agya, yuks simak ceritanya sampai habis ya sobat supaya mudik lebaran pakai mobil agya bisa lebih lancar dan menyenangkan.

Mudik Ke Kampung Halaman Pakai Mobil Agya

Bagi yang ingin mempunyai rencana melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil LCGC ( Low Cost Green Car ) alangkah baiknya sebelumnya untuk memperhatikan beberapa hal berikut supaya terhindar dari masalah sewaktu diperjalanan.

Mobil kecil keluaran toyota ini juga menjadi salah satu kendaraan favorit yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, cocok untuk keluarga kecil dan yang paling penting adalah harganya yang lebih murah. Terdapat beberapa pilihan dari harga terendah yaitu dimulai dari tipe E, G hingga TRD-S untuk tipe tertingginya.
Pada awal keluar disemua tipe menggunakan mesin 1.000 cc yang terkenal sangat irit dan untuk sekarang terdapat pilihan bermesin 1.2 atau 1.200 cc, lalu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan agya atau mudik pakai agya. Simak beberapa ulasan berikut ini.

1. Ganti Oli
Pelumas atau yang biasa disebut oli, baik oli 
mesin maupun oli preneling ada masa pemakaiannya. Tiap merk oli memang berbeda-beda, akan tetapi menyisihkan uang untuk mengganti oli mesin dan oli preneling tak ada salahnya untuk kebutuhan keawetan kendaraan.

Untuk Agya 1.000 cc menggunakan oli standard yaitu TMO (Toyota Motor Oil) dengan ketentalan SAE 5W-30, untuk harga kisaran 80 ribuan di tiap 1 liternya dan mobil agya 1.000 cc membutuhkan 3 liter untuk oli mesin. Untuk oli preneling hanya 1 liter dengan harga kisaran 70-90rb an.

Persiapkan uang sekitar 500 ribuan untuk dapat mengganti oli mesin dan oli presneling pada bengkel sekaligus filter oli yang biasa juga diganti ketika melewati 2 masa pergantian oli mesin.

2. Service Kendaraan
Service pada bengkel resmi atau bengkel yang menurut Anda rekomended, biasanya akan di cek mulai dari mesin, kelistrikan, pengapian, pergantian spare part, hingga pengecekan rem yang di tiap daerah dan bengkel akan berbeda-beda harganya.

Akan tetapi hal tersebut penting supaya memberikan ketenangan sewaktu melakukan perjalanan jauh apalagi pada momen lebaran yang sudah ditunggu-tunggu, pastikan service beberapa hari sebelum hari H atau 1 minggu sebelum hari H untuk space jika pada kunjungan hari pertama ditolak karena terlalu banyak customer.

Dengan begitu Anda bisa kembali pada hari kedua, jadi service kendaraan masih bisa sobat lakukan sebelum momen mudik lebaran ke kampung halaman menggunakan mobil agya kesayangan Anda.

3. Cek Kondisi Ban
Cek semua ban jika kondisi ban sudah tipis, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Ban adalah salah satu hal vital, pecah ban saat perjalanan bisa menyebabkan kecalakaan. Jadi pastikan kondisi ban mobil agya dalam kondisi baik, untuk harga berkisar antara 400 rb s/d 500 rb tergantung merk.

Menyisihkan uang untuk membeli ban mobil Anda adalah salah satu upaya menyelamatkan nyawa Anda juga keluarga bahkan orang lain, ingat keselamatan adalah hal yang utama.

4. Cek Tekanan Ban
Biasanya pada waktu service pada bengkel akan dilakukan juga pengecekan tekanan ban, akan tetapi tak ada salahnya mengecek kembali pada waktu hari H atau pada waktu keberangkatan karena kemungkinan bisa berkurang tekanan ban.

Tekanan ban kendaraan yang kurang mengakibatkan kerja mesin semakin berat, mengakibatkan juga konsumsi bahan bakar secara otomatis juga akan lebih boros. Biasakan untuk mengecek tekanan ban supaya akselerasi mobil tetap enteng dan suhu mesin tidak mudah panas.

Sekarang mengisi tekanan ban bisa menggunakan nitrogen, untuk harga memang sedikit lebih mahal dari pengisian menggunakan udara. Akan tetapi ada keunggulannya yaitu tekanan ban tidak mudah meningkat jika terjadi peningkatan suhu panas pada ban pada saat digunakan perjalanan jauh pada siang hari, jadi resiko pecah ban karena tekanan berlebihan bisa dihindari.

Jika digunakan pada saat hujan ban tak terlihat kempes karena pengaruh suhu dingin yang biasanya terjadi jika mengisi ban menggunakan oksigen biasa, pengecekan tekanan pada semua ban termasuk ban cadangan.

5. Ban Cadangan
Ban cadangan juga tak boleh luput dari pengecekan, kondisi ban harus masih bagus baik ketebalan juga tekanan ban. Jangan biasakan ban cadangan kempes karena malas menambal, karena hal tersebut bisa membuat masalah jika sedang mengalami ban bocor.

6. Aki Mobil
Fungsi dari aki untuk menyimpan energi listrik dan menyalakan mesin melalui dinamo starter juga sangatlah penting, kerusakan aki dapat menghambat momen mudik lebaran menjadi terganggu. Memilih mudik pakai mobil agya atau mobil sendiri memang bisa lebih fleksibel diperjalan, berhenti sewaktu-waktu dijalan atau mampir melewati jalur alternatif lain.

Biasakan mengecek level air aki mobil agya, untuk standard atau dari pabrikan menggunakan merk Incoe. Jika terlihat level air dibawah garis lower, tambahkan air aki pada pagi hari sebelum mesin dinyalakan. Diamkan sekitar 30 menit setelah penambahan, hal tersebut bisa menjadikan aki tak mudah drop atau ngedrop.

7. Kampas Rem
Jika kampas rem sudah habis, daya pengereman juga akan ikut berkurang. Jika tidak diganti akan sangat berbahaya sekali, apalagi perjalanan jauh menggunakan mobil akan sering sekali menggunakan rem selama perjalanan.

Jika terdeteksi sewaktu proses service pada bengkel segera minta ganti baru atau biasanya pihak bengkel atau montir akan memberitahu akan hal tersebut, lebih baik segera ganti demi keselamatan Anda dan keluarga.

Persiapan Bagi Pengemudi
Tak hanya kendaraan, akan tetapi pengemudi juga harus memperhatikan beberapa hal penting berikut :

1. Istirahat Yang Cukup
Konsentrasi menurun bisa karena waktu istirahat atau waktu tidur yang hanya sedikit, jika akan mempunyai rencana berkendara jarak jauh seperti mudik pakai mobil sendiri. Di hari sebelumnya haruslah cukup waktu untuk istirahat, karena dengan istirahat yang cukup tubuh akan lebih bugar dan fit.

Jika mengantuk pada saat mengemudi, jangan sekali-kali memaksakan untuk tetap mengemudi karena akan membahayakan diri Anda juga orang yang berada dalam satu kendaraan dengan Anda dan bahkan orang lain. Istirahat di rest area atau lokasi yang aman adalah pilihan yang tepat, ingat beberapa slogan keselamatan yang salah satunya adalah " Biar pelan asal selamat" itu yang terpenting.

2. Cukup Air Mineral
Konsentrasi menurun juga bisa disebabkan karena kurang asupan air dalam tubuh, sehingga otak mengalami penurunan kinerja bahkan fungsinya. Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut. 

Mudah saja, sediakan selalu air putih kemasan botol pada mobil. Biasanya paling mudah di jangkau adalah pada cup holder pada bagian pintu driver, dengan begitu pengemudi akan sering minum jika selalu tersedia.

Jika tak ingin menyetir sendiri Anda bisa memilih jasa sewa mobil untuk momen mudik Anda, jasa Sewa Mobil Agya Di Malang, Bali, Jogja dan beberapa kota lainnya bisa Anda temukan melalui situs pencari google.com.